Selasa, 02 April 2013

Cara Membuat Dual Boot Windows 7 Dan Windows 8


Cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8 atau cara membuat windows 7 dan windows 8 dalam satu komputer, merupakan cara yang bisa anda tempuh untuk bisa menikmati dua windows sekaligus dalam sebuah perangkat komputer maupun laptop, cara tersebut bisa anda lakukan jika anda ingin mencoba fitur-fitur terbaru dari windows 8 tanpa harus meninggalkan windows 7 yang telah anda miliki.

Windows 8 dengan segala kelengkapan dan kecanggihan fitur dan merupakan OS paling baru produk microsoft saat ini sedang ramai dibicarakan dan mulai diminati oleh para pengguna komputer diseluruh dunia, tentunya bagi yang belum pernah menggunakan windows 8 akan merasa canggung dan kikuk dalam menggunakannya sehingga membuat anda merasa kurang nyaman dalam melakukan pekerjaan.

Dengan alasan tersebut, menggunakan dua windows sekaligus dalam satu komputer merupakan pilihan yang bisa anda lakukan sebelum melepas windows 7 dan beralih dengan windows 8. Jadi jika anda sudah familiar dengan windows 8 anda dapat menggunakannya sebagai OS utama.

Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan untuk bisa membuat windows 7 dan windows 8 dapat berjalan alam satu komputer tau laptop, diantara tahapan tersebut akan saya jelaskan lengkap dari awal sampai akhir.

Cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8 dalam satu komputer tahap persiapan:

  • Didalam windows 7 yang anda miliki buatlah sebuah partisi kosong yang nantinya akan kita gunakan untuk menginstall windows 8, jadi membuat dual boot windows 7 dan windows 8 tidak bisa dilakukan dalam partisi yang sama.
  • Master DVD windows 8 yang telah anda miliki atau yang telah anda beli. dalam hal ini anda juga bisa menggunakan flashdisk atau Hardisk external yang berisi boot master windows 8

Membuat dual boot windows 7 dan windows 8 tahap penginstalan.

  •  Masukkanlah DVD master windows 8 anda kedalam Drive DVD komputer anda
  • Restart komputer anda
  • Masuklah kesystem bios komputer anda dan buatlah first boot nya melalui DVD, jika anda menggunakan flashdisk pastikan anda boot melalui flashdisk
 
  • Setelah itu system akan mulai boot melalui DVD dan penginstalan windows 8 akan dilmulai dan akan berjalan secara otomatis seperti halnya saat install windows 7.
  • Pada menu instalasi pastikan anda memilih custom (advenced)
 
  • Pilihlah partisi hardisk yang telah anda buat atau yang telah anda persiapkan tadi.
  • Setelah itu maka proses instalasi akan berjalan layaknya instalasi windows 7, tunggu sampai komputer restart
  • ketika restat pertama maka rubahlah system bios anda yang tadinya boot dari DVD atau flashdisk menjadi Boot dari Hardisknya sendiri. hal itu untuk menghindari proses pengcopian file yang berulang yang berarti mengulangi langkah-langkah yang telah kita lakukan diatas.
  • setelah itu proses penyelesaian instalasi windows 8 akan berlangsung tunggu sampai selesai
 
  • Setelah selesai proses instalasi windows 8 maka anda akan diminta memasukkan  Product Key, user name, password. Dan jika anda ingin menikmati semua fitur-fitur windows 8 secara utuh anda akan diminta mengaktifkan windows 8 dengan melalui akun windows live ID, lakukan langkah -langkah pengaktifan windows 8 dalam paket yang telah anda beli.


Cara Membuat dual boot windows 7 dan windows 8 tahap memilih boot utama

Ketika anda selesai install windows 8 maka boot default atau boot utama adalah windows 8 ini berarti ketika komputer dihidupkan dan pada menu pilihan boot anda tak memilih maka dalam 5 detik windows akan otomatis boot dengan windows 8. Jika anda menginkan boot utamanya dari windows 8 maka anda tidak perlu merubah pengaturan dalam menu boot.


Untuk memilih windows 7 sebagai boot utama atau boot default yaitu dengan cara merubahnya secara manual dengan cara membuat windows 7 menjadi pilihan boot default pada menu boot pertama windows 8.

Setelah anda selesai melakukan step by step cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8 dalam stau komputer seperti yang telah saya jelaskan diatas, maka dipastikan anda telah memiliki dua windows dalam satu komputer yaitu windows 7 dan windows 8.

Perlu anda ketahui dua windows dalam satu komputer ini bisa anda operasikan secara bergantian dan tidak bisa berjalan bersama-sama, untuk berpindah OS anda harus restart komputer anda dan dalam menu boot option pilihlah windows yang akan anda gunakan kemudian tekan enter.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar