Kamis, 22 Agustus 2013

CARA FUNGSI DAN PENGGUNAAN COUNT, COUNTA, COUNTIF PADA Ms.EXCEL

kali ini mau mau ngepost tentang FUNGSI DAN PENGGUNAAN COUNT, COUNTA, COUNTIF PADA Ms.EXCEL… OK,langsung aja yaaa… 1. COUNT RUMUS : =COUNT(RANGE) Adalah Rumus untuk menghitung banyak angka ( hanya angka ) bisa juga huruf atau simbol dalam sebuah barisan cell. Misalnya anda ingin menghitung berapa jumlah data dari table dibawah ini.
Formulanya: =COUNT(D3:D6) lalu ENTER. Anda akan mendapatkan jumlah dari datanya adalah 4
2.CountA Adalah Rumus untuk menghitung banyaknya data( hanya data) pada sebuah barisan cell. Hampir sama dengan Count tetapi bedanya di angka dan data saja. Misalnya, anda ingin menghitung banyaknya data dari table dibawah ini. Rumusnya: =COUNTA(B3:B6)
Lalu, ENTER dan anda akan dapatkan hasilnya adalah 12
3.Countif Menghitung banyaknya data dengan kriteria tertentu,misalnya banyak data dalam sebuah range ada berapa kata/sel yang sama, bisa dia berupa Nama yang sama, angka yang sama dan lain sebagai nya. maka kita dapat menentukann ada berapa banyak sel tersebut. Contohnya, kita ingin menghitung ada berapa data dengan jumlah 1. Maka rumusnya =countif(D3:D6;1)
tekan ENTER,maka anda akan dapatkan hasilnya adalah 2. Artinya, ada 2 data dengan jumlah 1.
PERHATIAN : PADA COUNTIF UNTUK KRITERIA ADA 2 JENIS YANG PERTAMA KRITERIA BERUPA ANGKA DAN KRITERIA BERUPA HURUF, CONTOH DIATAS KRITERIA BERUPA ANGKA DAN JIKA KRITERIA BERUPA HURUF MAKA ANDA HARUS MENGGUNAKAN TANDA PETIK DUA and… selesai… semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua ya… and good luck :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar