Pengenalan Sintaks dan Tools
Tujuan materi praktikum pada Modul I adalah:
1. Mengenal lingkungan pemrograman Java (Eclipse atau NetBeans) baik sebagai maupun sebagai translator/compiler.
2. Mengenal sintaks bahasa pemrograman Java: stuktrur program, deklarasi
tipe data sederhana, instruksi I/O untuk tipe data sederhana, ekspresi
dan assignment.
3. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.
TUGAS PRAKTIK
Berikut ini terdapat 5 buah contoh
program dalam bahasa Java. Praktikan diminta untuk mengetik kembali
contoh-contoh program tersebut dan belajar memperbaiki kesalahan sintaks
yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis
besarnya sebagai berikut:
1. Menjalankan aplikasi Java Netbeans/Euclipse dari Windows
2. Membuat direktori kerja untuk menyimpan program yang akan di buat/edit.
3. Membuat (create) project baru dan
menamakannya dengan MODUL1, selanjutnya project ini akan memuat
contoh-contoh program yang dibuat, minimal 3 dari contoh berikut yaitu:
hello.java, numerik.java, character.java, boolean.java, dan
hitungLSE.java.
4. Membuat program dengan cara (create) kelas baru.
5. Mengedit program:
a. Untuk program hello sebaiknya diketik dari awal sesuai contoh.
b. Untuk program berikutnya, dengan cara
mengcopy-paste template program yang sudah ada (misalnya dari program
hello.java) agar proses editing lebih cepat dan mengurangi kesalahan
ketik.
6. Memperbaiki kesalahan sintaks: ada jika pada awal baris muncul symbol tertentu, antara lain :
a. Logo lampu bertanda tanya: berhubungan dengan penamaan.
b. Tanda seru dalam lingkaran merah:
berhubungan dengan kesalahan symbol operator (kelebihan, kekurangan,
atau ketidaksamaan symbol tersebut dengan seharusnya), misalnya: salah
menulis tanda assignment, jumlah symbol penutup blok ‘}’ tidak sama.
c. Dll.
7. Menjalankan program.
1. Program Hello.java
package modul1.latihan;
public class Hello {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("hello again");
}
}
2. Program Numerik.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Numerik {
public static void main(String[] args) {
float f;
double d;
long l;
int i;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bilangan integer: ");
i = sc.nextInt();
System.out.println("i: " + i);
System.out.print("Bilangan long integer (x>34000): ");
l = sc.nextLong();
System.out.println("l: " + l);
System.out.print("Bilangan float/desimal: ");
f = sc.nextFloat();
System.out.println("f: " + f);
System.out.print("Bilangan double: ");
d = sc.nextDouble();
System.out.println("d: " + d);
}
}
3. Program Character.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Character {
public static void main(String[] args) {
char Ch;
String S;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Char: ");
S = sc.nextLine();
Ch = S.charAt(0);
System.out.println("Ch: " + Ch);
}
}
4. Program Boolean.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Boolean {
public static void main(String[] args) {
float B1, B2;
boolean Sama;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bil1 : ");
B1 = sc.nextFloat();
System.out.print("Bil2 : ");
B2 = sc.nextFloat();
Sama = (B1 != B2);
System.out.println("Bil1 != Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 == B2);
System.out.println("Bil1 == Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 < B2);
System.out.println("Bil1 < Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 > B2);
System.out.println("Bil1 > Bil2 adalah : " + Sama);
}
}
5. Program HitungLSE.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class HitungLSE {
public static void main(String[] args) {
/*
* Membaca panjang dan lebar segiempat menghitung
luasnya,lalu mencetak
* luas tesrebut ke layar
*/
float panjang; /* panjang (length) */
float lebar; /* lebar (width) cm */
float luas; /* luas (area) */
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.println("Berapa panjang segiempat? ");
panjang = sc.nextInt();
System.out.println("Berapa lebar segiempat? ");
lebar = sc.nextInt();
luas = panjang * lebar;
System.out.println("Luas segiempat = " + luas);
}
}
Tidak ada komentar :
Posting Komentar